Materi Pidato Tentang Kebersihan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Materi Pidato Tentang Kebersihan

Materi pidato tentang kebersihan – Tentunya suatu kehormatan tersendiri bila kita diberikan kesempatan untuk berpidato dan menyampaikan pendapat kita di depan publik. Karena itu berarti kita diakui sebagai seseorang yang memiliki ilmu yang patut untuk disampaikan kepada banyak orang. Namun terkadang ada kalanya kita bingung tentang materai apa yang separtutnya nanti akan disampaikan. Untuk itu, berikut ini kami mencoba memberikan materi pidato tentang kebersihan kepada anda sekalian.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebelum membuka pidato saya pada kesempatan kali ini, maka akan lebih baik jika kita semuanya terlebih dahulu mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahNya sehingga kita semua yang hadir disini masih diberikan umur yang panjang dan badan yang sehat sehingga kita semua masih dapat berkumpul dalam majelas taklim yang Insyaallah dimuliakn oleh Allah. Selanjutnya tak lupa juga marilah kita senantiasa menghaturkan shalawat serta salam kepada nabi akhir Muhammad SAW.

Hadirin jamaah majelis ilmu yang senantiasa dirahmati oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan :

“Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, dari Rasulullah saw. : Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmizi)

Melihat hadist ini kita semua tentunya menyadari, bahwa agama Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan tentang kebersihan. Sehingga tentunya kita sangat miris sekali jika kita melihat kondisi lingkungan sekitar kita sekarang ini. sampah-sampah begitu terlihat berserakan dan bahkan sungai yang seharusnya jernih malah dijadikan sebagai tempat sampah kiriman. Padahal jika kita melihat hadist diatas, Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Sehingga jika kita ingin menjadi salah satu hamba yang dicintai Allah tentunya kita juga harus menyukai kebersihan.

Hadirin jamaah majelis Ilmu yang dirahmati oleh Allah SWT.

Kita semua juga mengenal sebuah ungkapan yang begitu populer , bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jika kita melihat tersebut mengandung makna yang begitu mendalam bahwa dengan menjaga kebersihan dapat menunjukkan tingkat keimanan dari sesorang atau buah keimanan seorang muslim. Sehingga tentunya ini merupakan salah satu alasan mengapa ketika kita ingin melakukan ibadah apapun, kita hendaknya harus bersih dan suci.

Untuk mampu membuat kebersihan sebagai salah budaya dalam masyarakat, tentunya harus kita mulai dari diri kita sendiri. Dan akan kita mulai dengan bersikap bersih saat kita akan melakukan berbagai ibadah baik sholat, tadarus, berdzikir dan bentuk ibadah lainnya. selanjutnya setelah kita mampu menjaga kebersihan diri kita sendiri, maka selanjutnya adalah dengan menjaga lingkungan. Kebersiahn diri baik jasmani dan rohani serta kebersihan lingkungan akan memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan kehidupan kita.

Hadirin jamaah majelis Ilmu yang dirahmati oleh Allah SWT.

Demikian Islam sebagai agama yang lurus dan terang memang telah memberikan ajaran tentang kegala aspek kehidupan termasuk diantaranya adalah mengenai masalah kebersihan. Dan semoga dengan budaya menjaga kebersihan ini aan menghantarkan kita sebagai muslim yang beriman.
Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Apabila terdapat banyak kesalahan dalam penyampaian pidato saya ini, saya honon maaf. Dan semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Akhirul Kalam.

Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags :

Materi Pidato Tentang Kebersihan