Pidato Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Pidato Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat

1 Mei merupakan salah satu hari sejarah nasional di mana ini berkaitan langsung dengan adanya masalah pembebasan Iran Barat atas kekuasan dari pihak Hindia belanda. Peristiwa di hari ini bisa di katakan sebagai babak awal kemenangan Indonesia selanjutnya sebagai bukti kuat atas perjauangan mempertahankan wilayah NKRI. Dengan begitu maka momentum ini harus di isi dengan hal yang positif yakni dengan di hadirkannya teks pidato yang bermanfaat, bermakna serta memiliki makna dan nilai tersendiri bagi yang membacanya dan mendengarkannya.

Assalamualaikum wr wb

Para hadirin yang saya muliakan, rasa puji dan syukur terhadap kehadiran Tuhan yang Maha Esa tak henti hentinya kita panjatkan, kerena atas safa’at dan ramatnyalah pada kesempatan ini Kita dapat berkumpul bersama sama dengan kondisi sehat jasmani dan rohani dalam merayakan tahun berikutnya atas peringatan hari pembebasan Irian Barat.

Para hadirin sekalian, memperjuangkan wilayah NKRI bukan perkata yang mudah untuk di lakukan oleh para pejuang kemerdekaan, ironinya yang terjadi adalah walaupun Indonesia telah merdeka tepat setelah tahun ’45. Namun semua itu hanya kamuplase saja.

Ini dapat di rasakan dan di lihat para hadirin sekalian, dimana salah satu wilayah Indonesia yang di katakan sebagai permata hitam yakni Irian Barat/Papua masih menjadi hak miliki kerajaan Belanda. Dan di tahun 2006 tepatnya di hari itu sang Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono berhasil mengembalikan 1 wilayah NKRI yang penting ini, dengan menggunakan jalan Konfortasi.

Para hadirin sekalian keputusan ini di ambil setelah banyak sekali perjuangan dan perundingan yang di lakukan bertahun tahuan dnegan pihak Belanda, setelah adanya keputusan KMB maka terbentunya sebeuh keputusan penting bagi pembebasan Irian Barat terhadap cengkraman dari UNI Belanda.

Berbicara mengenai perjuangan yang lainnya, di masa lampau pun sang penjuang kemerdekaan dan presiden Kita pun Soekarno sebelumnya telah memperjuangkan pula kemerdekaan atas Irian Barat dengan di bentuknya Trikora yang berisikan dengan 3 pokok penting, yakni

  • Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda.
  • Kibarkan sang Merah Putih di Irian Barat tanah air Indonesia.
  • Bersiaplah untuk mobilisasi umum mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.
Pokok pokok isi tersebutlah yang menjadi semangan menggelora hingga saat ini, dan kemudian bebaslah Irian barat untuk selamanya.

Terus bagaimana keadaan dan kondisi Irian Barat/Papua setelah merdeka para hadirin sekalian yang berbahagia. Mereka masih saja belum merdeka? Sebagai wilayah merauke maka membuat Irian Jaya menjadi salah satu wilayah tertinggal dengan tanpa perhatian dari pemerintah sama sekali. cermin itu dapat di lihat dari pertumbuhan dan perkembangan ekonominya yang sangat rendah sekali, di bandingkan daerah yang lainnya. dan untuk kesejahteraan warganya yang tinggal di wilayah ini bisa di katakan di bawah garis kemiskinan, serta pendidikannya di katakan sebagai pendidikan yang paling rendah mutunya, infrasturturnya paling tertinggal pembangunanannya dan masih banyak hal yang memprihatinkan yang terjadi di wilayah ini.

Para hadirin yang saya hormati, maka pertanyaan selanjutnya yang patut di berikan kepada Kita serta pemerintah saat ini. apakah Indonesia masih berhak untuk memiliki wilayah Irian jaya ini sedangkan hak hak mereka sebagai salah satu kesatuan wilayah NKRI tidak pernah di berikan oleh pemerintah.

Jawabannya yang tepat adalah jika Ya, maka mulai dengan detik ini setelah Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat. Maka pemerintah harus memberikan hak hak dari mereka yang menjadi salah satu wilayah NKRI sehingga tidak akan membuat adanya gate yang sangat jauh, tidak ada lagi ketimpangan sosial, pembangunan, dan kesejahteraan yang terjadi di wilayah Papua ini.

Jadi kesadaran dari kita semua, dan kesadaran dari pemerintah sangatlah di perlukan sekali, dalam membangun Papua, dan SDM Papua yang jauh lebih baik lagi dengan program program dan kebijkan yang pro rakyak Papua.

Sekian hal hal yang mendasar yang saya dapat bagi kepada Anda sekalian mengenai hari penting ini, Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat. Jika ada tutur kata yang salah saya mohon maf dan kepada Tuhan saya mohon ampun.

Wassalamualaikum wr wb.

Semoga teks pidato ini dapat menginspirasi dan menambah wawasan Anda. terima kasih