Contoh Naskah Pidato 6 April: Hari Nelayan Nasional

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Naskah Pidato 6 April: Hari Nelayan Nasional

Pahlawan protein tradisional yang terlupakan - 6 April adalah hari yang ditetapkan sebagai hari nelayan nasional, sudah seharusnya sebuah bangsa mengenang para pahlawannya karena nelayan tidak jauh beda dengan peran para pahlawan nasional. Nelayan adalah pahlawan yang berjuang mencerdaskan bangsa, menyehatkan bangsa dan memberikan devisa untuk negara. Ini patut di bahas dan di jadikan bahan referensi bagaimana kita menghargai jasa para pahlawan protein itu. Dengan begitu maka disini akan di tuangkan melalui sebuah teks pidato yang sangat apik, menarik, berdedikiasi tinggi namun memiliki kontent dan pesan yang baik untuk di jadikan referensi terbaik. Silahkan baca teks pidato di bawah ini. Jangan lupa kunjungi juga Contoh Pidato Hari Peringatan Reformasi yang sebelumnya telah saya buat.

Asalamualaikum wr wb

Para hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji sukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga pada saat ini kita masih diberi kesehatan sehingga kita dapat beraktivitas, sholawat dan salam kita sanjungkan keharibaan junjungan besar kita, nabi agung, nabi Muhammad SAW. Dialah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui jerih payah pengorbanan dan perjuangan beliaulah, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahilan dan kehinaan. Demikian halnya, semoga sholawat dan salam tetap tercurah untuk keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbagia, pada kesempatan ini kita dipertemukan dalam sebuah situasi dimana hari ini adalah merupakan hari peringatan nelayan nasional. Miris memang bahwa sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa 6 April telah di tetapkan sebagai hari nelayan nasional, hari penting ini ada karena rasa kecintaan kita terhadap para nelayan yang sudah banyak memberikan sumbangsina kepada kita semua.

Para hadirin yang berbahagia, berbicara mengenai nelayan mungkin bayangan kita tidak akan pernah terlepas dari laut dan ikan, namun jauh dari pada itu nelayan adalah seorang pemberani yang mampu bekerja keras ditengah laut dan diantara terjangan ombak. Disisi lain nelayan tidak hanya bertugas untuk menangkap ikan justru nelayan memiliki peran penting dalam hal produksi ikan dan ikut menyumbangkan manfaat untuk mencaerdaskan bangsa, menyehatkan bangsa dan memberikan devisa untuk negara ini.

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan ini marilah kita sedikit menengok perjuangan nelayan yang begitu sangat bermanfaat bagi kita, mungkin saja selama ini kita lupa akan peran para nelayan tradisional kita, bisa kita bayangkan jika tidak ada nelayan. Nelayan memang menjadi begitu urgen bagi masyarakat hasil tangkapan ikan para nelayan mengandung omega 3 yang justru dibutuhkan untuk kecerdasan otak.

Namun demikian pada kenyataannya tidak bisa dipungkiri ditengah potensi kekayaan alam laut yang sangat berlimpah justru yang kita lihat adalah kantong-kantong kemiskinan terletak di pemukiman nelayan.

Selanjutnya, para hadirin yang berbahagia apakah kita pernah memikirkan jasa para pahlawan protein ini pada setiap suapan ikan yang kita konsumsi? Harga kebutuhan pokok semakin tinggi, sementara himpitan ekonomi semakin besar, membuat para nelayan harus bekerja ekstra untuk tetap menjalani ujian-ujian hidup yang harus di hadapi. Pada kenyataannya pahlawan protein bangsa ini masih terabaikan. Kebanyakan nelayan kita adalah nelayan tradisional yang masih menggunakan kapal kecil dan alat penangkap ikan yang jangkauannya hanya 3 mil. Nelayan-nelayan kita masih terlampau kalah dengan nelayan negara tetangga yang “mengeruk” ikan di wilayah Indonesia secara besar-besaran.

Hadirin yang berbahagia, secara alamiah memang sulit diprediksi gelombang tinggi, angin kencang atau rusaknya alam membuat hasil tangkapan semakin sedikit, selain itu secara struktural nelayan mempunyai kelamahan modal yang sedikit, manajemen yang rendah, kelembagaan yang lemah, dibawah cengkraman tengkulak, dan keterbatasan teknologi. Lain lagi jika kita tengok kondisi kultural juga mendorong nelayan semakin terjun kejurang kemiskinan. Kekayaan alam yang besar sering meninabobokan kita semua. Ketergantungan pada sumber daya laut mengakibatkan terjadi kepasrahan, dan ini berakibat tidak adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Para hadirin yang berbahagia, apakah pernah terpikirkan oleh kita keadaan tidak menguntungkan seperti ini menyebabkan dampak yang signifikan terhadap kemajuan nelayan. Dikhawatirkan apabila terjadi terus menerus apakah negara kita harus mengimpor ikan untuk mencerdaskan bangsa? Ini jadi tugas kita bersama.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai jasa para pahlawan protein yang mulai terlupakan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada salah salah kata atau perkataan yang menyinggung saya mohon maaf dan kepada tuhan saya mohon ampun.

Wasallamuallaikum Wr. Wb.

Sekian mengenai contoh teks Pidato Hari Nelayan Nasional yang saya bisa berikan kepada Anda sekalian, semoga dapat bermanfaat dan menamba wawasan serta inspirasi yang berharga untuk Anda sekalian.