Contoh Dakwah Tentang Sholat

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Dakwah Tentang Sholat

Sholat merupakan ibadah yang paling utama bagi Umat Islam. Bahkan dikatakan sholat merupakan tiangnya agama. Karena ibadah sholatlah yang bisa membedakan antara ibadah umat Islam dengan ibadah dari agama yang lain. Mengingat ibadah sholat fardhu merupakan ibadah yang pokok, sebagai umat islam, menyebarkan segala ilmu yang berkaitan dengan sholat merupakan salah satu hal yang sangat di anjurkan. Dan dalam rangka ikut berpartisipasi dalam menyebarkan ilmu tersebut akan kami sampaikan salah satu Contoh dakwah tentang sholat, khususnya tentang rahasia dan juga keutamaan sholat fardhu.

Kaum muslimin wal muslimat yang selalu dalam lindungan Allah.
Sholat merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan yang berupa doa yang dipanjatkan dalam serangkaian ibadah yang dumulai dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan takhiyatul masjid dan salam. Mengingat pentingnya ibadah sholat, Nabi Muhammad pun memberikan peringatan yang sangat keras terhadap orang-orang yang suka sekali meninggalkan sholat wajib. Bahkan mereka dihukumi sebagai orang kafir dan pada hari kiamat kelak mereka akan disandingkan bersama dengan orang-orang seperti fir’aun, qorun. Ubay bin Khalaf dan Haman. Sholat sendiri dalam pelaksanaanya memiliki 2 janis sholat yaitu sholat wajib dan juga shola sunat. Sedangkan salah satu keutamaan sholat wajib diantaranya yaitu dapat menghapus dosa dan juga kesalahan.

Kaum muslimin wal muslimat yang selalu dalam lindungan Allah.
Sholat merupakan bentuk ibadah yang pertama kali akan ditanyakan ketika kita tiba di alam kubur. Sehingga tidak aneh jika kemudian sholat ini memiliki beberapa rahasia dan juga keutamaan bagi hamba yang melaksanakannya :

  1. Sholat wajib merupakan bentuk ibadah yang di syariatkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad secara langsung tanpa melalui perantara malaikat jibril. Sedangkan bentuk ibadah yang lain biasanya selalu menggunakan perantara malaikat.
  2. Shalat wajib 5 waktu merupakan satu-satunya ibadah yang diwajibkan di langit, sedangkan ibadah yang lain hanya diwajibkan di bumi.
  3. Dengan melakukan ibadah sholat 5 waktu, maka segala bentuk dosa dan kesalahan akan di ampuni dan dihapuskan
  4. Sholat shubuh selalu dihadiri dan disaksikan oleh para malaikat.
  5. Sholat ashar merupakan satu-satunya sholat yang dikhusukan penyebutannya jika dibandingkan dengan sholat yang lain.
  6. Dengan menjaga sholat shubuh dan sholat ashar , maka kita bisa masuk syurga dan terhindar dari api neraka
  7. Jika seseorang meninggalkan sholat wajib atau salah satu dari sholat wajib karena alasan malas dan dilakukan secara terus menerus maka hal tersebut dianggap merupakan suatu kekafiran
Setelah mengetahui beberapa keutamaan dan juga rahasia dari melaksanakan sholat wajib tersebut, maka kita sebagai seorang muslim yang taat hendaknya jangan pernah sekalipun meninggalkan sholat wajib apapun alasannya. Karena pada dasarnya untuk melaksanakan sholat pun telah banyak keringanan-keringanan yang diberikan jika kita kesulitan mengerjakannnya. Seperti pada saat kita tidak bisa berdiri, maka kita bisa sholat dengan duduk, pada saat kita tidak mampu untuk duduk, maka kita bisa berbaring, bahkan jika kita tidak bisa menggerakkan badan kita, kita pun masih saja bisa mengerjakan ibadah sholat dengan hanya berkedip. Dengan kemudahan dan keringanan tersebut, pastinya tak ada satu alasan pun yang dapat menggugurkan kewajiban sholat, kecuali untuk kaum muslimah yang sedang berhalangan haid atau sedang dalam keadaan nifas setelah melahirkan.

Tags :

Contoh Dakwah Tentang Sholat