Contoh Dakwah Tentang Pendidikan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

23 April 2016

Contoh Dakwah Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam setiap lini kehidupan. Tanpa adanya pendidikan tentu saja akan membuat dunia ini selalu dalam keterbelakangan dan tak akan pernah maju. Dalam agama Islam sendiri pendidikan merupakan kunci pokok seseorang untuk dapat beribadah. Sehingga menuntut ilmu atau pendidikan bagi setiap muslim memiliki hukum wajib. Mengingat pentingnya sebuah pendidikan khususnya pendidikan Islam terutama dalam ranah keluarga maka perlu juga diberikan salah satu contoh dakwah tentang pendidikan khususnya keluarga Muslim.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

(Silahkan pilih contoh mukodimah Dakwah yang anda sukai)

Bapak-bapak,ibu-ibu, dan saudara-saudara sekalian yang saya hormati,
Pendidikan merupakan salah satu langkah penting yang harus ditempuh seseorang untuk dapat membimbing seseorang menjadi lebih baik terutama dikhususkan disini adalah pendidikan agama. Dengan adanya pendidikan agama terutama agama Islam akan dapat membentuk karakter akhlakul karimah bagi anak untuk dapat berkembang secara Islami. Hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi:

“اِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الاَحْلاَقِ”
Artinya :
“Sesungguhnya Aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak.” (H.R. Ahmad )

Pendidikan Islam sendiri mengandung makna sebagai sebuah sarana untuk menyiapkan masyarakat muslim yang benar-benar mengerti tentang Islam. Terutama dalam lingkup yang sempit adalah sebuah keluarga. Karena dengan keluarga yang baik-baik maka secara otomatis masyarakat yang dihasilkan juga akan baik. Sehingga memang pendidikan Islam haruslah ditanamkan terlebih dahulu untuk setiap keluarga muslim. Apalagi hubungan antara orang tua dan anak jauh lebih erat dari pada hubungan apapun baik itu secara fisik maupun juga secara emosional. Pada saat orang tua mendidik anaknya juga bukanlah suatu perkara yang mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Karena keluarga merupakan salah satu lingkungan pertama yang diterima oleh anak pertama kali, maka pendidikan agama yang diajarkan pada sebuah keluarga sangatlah berpengaruh terhadap pembentukan karakter selanjutnya. Lagipula kegagalan pendidikan di dalam keluarga juga akan berdampak yang sangat besar pada proses pendidikan anak selanjutnya. Hal tersebut telah secara jelas tertulis dalam firma Allah Q.S At Tahrim ayat 6 yang berbunyi :

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(QS. At -Tahriim:6 )"

Melihat ayat ini tentu kita sebagai umat muslim haruslah berusaha sebaik mungkin dalam menjaga keluarga kita dari api neraka. Dan salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan agama pada anggota keluarga kita. Dalam mendidik keluarga muslim yang sakinah maka kita tidak boleh melupakan prinsip-prinsip pendidikan Islam sendiri yaitu :
  1. Prinsip tauhid yaitu tentang kepahaman terhadap ke –Esa-an Allah
  2. Prinsip integrasi yaitu bahwa dunia merupakan suatu jembatan untuk menuju kehidupan lain yang lebih kekal yaitu kehidupan akherat.
  3. Prinsip keseimbangan yaitu adanya keseimbangan antara mental dan spiritual, keseimbangan antara jasmani dan juga rohani.
  4. Prinsip persamaan. Artinya bahwa dalam agama Islam semua manusia di anggap sama oleh Allah yang membedakan hanyalah taqwanya.
  5. Prinsip pendidikan seumur hidup
  6. Prinsip keutamaan yaitu yang dipentingkan adalah bahwa pendidikan bukanlah proses mekanik melainkan proses yang dimiliki ruh yang semuanya menuju pada keutamaan nilai-nilai moral.

Tags :