Contoh Dakwah Tentang Akhlak

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Dakwah Tentang Akhlak

Akhlak biasanya identik dengan perilaku seseorang yang dapat menunjukkan apakah orang tersebut merupakan orang yang baik atau orang yang buruk. Akhlak sendiri menurut Imam Al Ghozali merupakan sifat yang telah tertanam dalam jiwa seseorang yang menimbulkan suatu perbuatan dengan mudah dan tanpa adanya suatu pemikiran dan pertimbangan.

Pemahaman tentang akhlak sendiri sebenarnya haruslah ditanamkan sejak dini salah satunya dengan menunjukkan mana akhlak yang harus ditiru dan mana akhlak yang hendaknya dihindari. Berikut ini merupakan salah satu contoh dakwah tentang akhlak yang dapat kita pelajari untuk diambil hikmahnya. Berikut Pidato nya

Kaum muslimin yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Bagi umat muslim, akhlak merupakan salah satu bagian dari syariat Islam yaitu bagian dari adanya suatu larangan dan perintah. Akhlak sendiri merupakan sifat yang harus dimiliki seorang muslim agar dapat menyempurnakan pengamalannya terhadap Islam. Secara istilah akhlak sendiri mengandung makna sifat yang telah diperintahkan oleh Allah kepada seorang muslim untuk dimiliki ketika ia melaksanakan berbagai aktifitas seperti beribadah, bermuamalah, dan bentuk ibadah lainya maka ia akan melaksanakan aktifitas tersebut dengan cara yang benar. Hal ini sebagaimana Allah telah berfirman dalam QS Al Mukminun ayat 1-2 :

  1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
  2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,
Beberapa sifat yang lembut yang dapat menunjukkan akhlak dari diri seorang muslim akan tampak dari segala perbuatan yang ia lakukan. Beberapa kisah telah banyak dicontohkan oleh Rosulullah dan para sahabatnya saat mereka berdiskusi , saat mereka mengkritik para penguasa yang dzolim. Ketika seorang muslim memahami betul bahwa akhlak merupakan salah satu syariat Islam yang patut untuk ditegakkan ( dalam hal ini adalah akhlakul karimah ) tentu ia akan memiliki beberapa akhlak yang menunjukkan keluhuran budi pekertinya seperti mendahulukan kepentingan orang lain, dengan menjauhkan diri dari segala sifat yang tidak baik, dermawan, tawadhuk dan masih banyak lagi sifat baik yang lainnya.

Contoh Dakwah Tentang Akhlak

Kaum muslimin yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Beberapa hal positif yang akan didapat pengaruh akhlak Islami adalah sebagai berikut :
  1. Pada dasarnya, akhlak Islami juga memiliki kedudukan yang sama seperti syariat-syariat Islam lainnya dimana ia akan mampu menjadikan seorang muslim memiliki kepribadian yang baik dan unik ketika ia berhubungan dengan masalah muamalah dengan orang lain.

  2. Dengan akhlak Islami maka akan menciptakan rasa kasih sayang dan rasa saling menghormati antara sesama individu baik itu dalam lingkup yang sempit seperti keluarga hingga lingkup yang luas yaitu sebuah masayarakat hingga negara.

  3. Secara pribadi, dengan memiliki akhlak yang Islami tentu saja akan mendapatkan pahala yang luar biasa dari Allah yaitu akan dijadikan sebagai kerabat Rosulullah pada saat di akhirat dan akan menemani Rosulullah dalam menikmati keindahan surga. Hal ini sesuai dengan hadist nabi yaitu “Sesungguhnya yang paling kucintai di antara kalian, dan orang yang paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang palimg baik akhlaknya. (HR. Bukhari). Bahkan ketika nabi Muhammad SAW ditanya oleh para sahabat tentang orang yang akan masuk syurga maka Rosulullah bersabda “Yang paling bertaqwa kepada Allah dan paling baik akhlaknya."

Tags :