Contoh Dakwah Pendek

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Dakwah Pendek

Contoh dakwah pendek – Setiap orang pada dasarnya bisa melaksanakan aktifitas dakwah. Dan salah satu dakwah yang paling mudah dan juga singkat yang dilakukan adalah dengan cara menebar senyum. Namun jika kalian ingin metode yang lain anda juga melakukannya dengan cara berceramah. Pada saat berceramah atau menyampaikan materi keislaman pun juga tidak perlu yang panjang lebar, cukup pendek saja asal merupakan suatu ajakan tentang kebaikan tetap saja merupakan hal yang mulia.

Terlebih lagi juga ada ceramah yang singkat saja atau yang seringkali dinamakan dengan kuliah tujuh menit atau kultum. Dan berikut ini adalah salah satu Contoh dakwah pendek tentang berdoa yang dapat anda gunakan sebagai salah satu bahan atau materi kultum.

Berdoa bagi umat Islam merupakan salah satu hal yang penting. Bahkan dikatakan seseorang yang tidak pernah sekalipun berdoa di anggap sebagai orang yang sombong. Ini merupakan hal yang lumrah, karena pada dasarnya seorang hamba merupakan makhluk yang lemah sehingga jika ia meminta pada yang lebih berkuasa merupakan hal yang wajar. Bahkan dalam Islam, seorang hamba yang berdoa kepada Allah malah sangat di anjurkan.

Dalam sebuah QS Al Ghafir ayat 60 dikatakan bahwa seorang hamba yang beriman malah di anjurkan untuk berdoa. Bahkan Allah sangat menyukai orang yang sering berdoa, semakin kita sering berdoa maka Allah malah semakin menyukainya. Namun sebaliknya , terkadang seorang hamba yang seringkali berdoa, namun belum dikabulkan malah seringkali berprasangka buruk. Padahal bukannya Allah telah berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh hambanya. Yang perlu dipahami dalam berdoa ada 4 hal yaitu bahwa doa itu akan dikabulkan saat itu juga atau bisa juga dikabulkan di akherat.

Akan tetapi bisa juga ditunda pengabulannya dan akan Allah ganti dengan sesuatu yang lebih baik. Demikianlah janji Allah kepada hambanya. Sehingga jika kita merasa telah sering berdoa, namun belum juga dikabulkan oleh Allah, maka tentunya sebagai seorang muslim yang beriman hendaknya kita harus berinstrospeksi diri mengapa segala doa kita belum juga dikabulkan dan juga harus tetap berbaik sangka kepada Allah.

Berdoa, bagi seorang muslim merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengubah nasib suatu kaum. Karena secara tidak langsung berdoa merupakan salah satu cara seorang hamba untuk berkomunikasi dengan Allah. Sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali kisah hikmah yang dapat kita ambil ibrahnya bahwa terjadi suatu kejadian di luar nalar manusia akibat aktifitas berdoa ini.

Setiap hamba muslim yang beriman tentunya akan selalu memiliki prasangka yang baik terhadap segala bentuk ketentuan Allah. Namun tidak ada salahnya juga ketika kita mengetahui doa apa saja yang pasti akan dikabulkan oleh Allah. Doa yang akan dikabulkan oleh Allah adalah doa seorang muslim untuk saudaranya namun secara sembunyi-sembunyi, doa orang yang sedang teraniaya, doa orang tua yang dipanjatkan untuk anaknya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang jelas apapun yang akan terjadi, kita sebagai seorang muslim yang baik, kita harus terus selalu berdoa, tanpa henti.

Kita juga harus terus berusaha dan percaya, bahwa apapun yang terjadi entah itu langsung dikabulkan, atau mungkin di tunda atau bisa juga di ganti dengan yang lain, kita sebagai umat yang beriman harus tetap menerimanya dengan ikhlas.

Tags :