Contoh Dakwah Nabi Muhammad Di Madinah

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Dakwah Nabi Muhammad Di Madinah

Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah – dalam sejarah umat Islam tentu tak akan pernah lepas dari yang namanya dakwah. Perjalanan dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad tentu merupakan salah satu pedoman bagi umat Islam sekarang ini.dan salah satu yang dapat digunakan sebagai referensi adalah Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah. Ciri khas dari dakwah pada periode madinah adalah dalam masalah pendidikan sosial dan politik.

Jika kita berbicara tentang dakwah pada masa periode Madinah, tentu saja tak akan pernah lepas dari perjalanan hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad berdakwah di Madinah dalam kurun waktu 10 tahun yaitu dari tanggal 12 Rabiul Awal tahun pertama hijriah sampai dengan wafatnya Rosulullah yaitu tanggal 12 Rabiul Awal 11 Hijriah. Dalam kurun waktu 10 tahun tersebut tentu banyak sekali Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah yang dapat kita jadikan tauladan untuk diterapkan pada masa sekarang ini.

Pada masa dakwah periode Madinah, aktifitas dakwah yang dilalui oleh Nabi Muhammad bisa dibilang lebih mudah jika dibandingkan dengan masa periode Makkah. Sasaran dakwah untuk periode ini adalah orang Islam yang masih awam terhadap agama islam, dan juga orang kafir yang belum masuk Islam.

Beberapa metode dakwah yang patut kita perhatikan adalah peperangan - peperangan yang terjadi. Namun yang perlu dicatat adalah tujuan dari adanya peperangan yang ada. Semua peperangan yang terjadi tersebut bukanlah untuk melakukan penjajahan atau untuk memperoleh harta rampasan. Akan tetapi lebih kepada suatu reaksi untuk membeli diri dan juga kehormatan umat Islam, untuk menjamin kelancaran dakwah dan memberi kesempatan kepada mereka yang hendak menganutnya dan juga untuk memelihara umat Islam agar tidak dihancurkan oleh tentara Romawi dan juga persia.

Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah yang lain yang patut kita cermati adalah ketika terjadi peristiwa mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshor. Pada saat itu Rosulullah bermusyawarah dengan Abu bakar dan juga Umar Bin Khatab untuk mempersatukan antara muhajirin dengan anshor. Dan pada saat itu, meskipun nabi Muhammad adalah tokoh yang agung, namun beliau tetap memberikan contoh dan bertindak. Tidak hanya sekedar memberikan pendapatnya saja. Beliau tidak merasa malu ataupun juga merasa diremehkan. Namun akibat dengan tindakannya itulah maka kemudian yang membuatnya semakin agung.

Inti hikmah yang dapat kita ambil dari Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah yaitu dengan berperilaku sopan dan santun kepada segala kalangan masyarakat, membangun tempat ibadah, dengan semakin mempererat tali persaudaraan sesama Muslim dan juga memberikan kebebasan beragama untuk semua umat baik itu yang muslim maupun yang non muslim.

Dengan melihat perjuangan dakwah nabi Muhammad SAW pada masa periode madinah, maka kita sebagai umat Islam tentu akan mengambil ibrahnya. Bahwa dakwah tanpa peperangan merupakan suatu langkah dakwah yang jitu. Ini juga menunjukkan kepada kita bahwa ada dasarnya Islam itu adalah agama yang cinta damai dan tidak anarkis. Umat Islam akan berperang atau melawan dengan kekerasan hanya untuk membela diri. Bahkan, dalam sejarah dakwah Rosulullah SAW, tak pernah sekalipun Nabi Muhammad SAW memulai perang terlebih dahulu hanya untuk menyebarkan agama Islam. Metode dakwah yang selalu beliau tunjukkan adalah metode dakwah dengan kasih sayang dan juga cinta damai.

Tags :