Contoh Dakwah Jum'at

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Dakwah Jum'at

Bagi umat Islam terutama yang Laki-laki, melaksanakan Sholat Jumat merupakan bentuk kewajiban ibadah yang sama halnya dengan kewajiban sholat wajib. Pada saat melaksanakan sholat Jumat terutama pada waktu khotbah berlangsung, seringkali banyak jamaah yang tidur atau malah ngobrol dan melakukan berbagai usaha agar tidak jenuh mendengarkan khutbah. Hal ini kemungkinan materi yang disampaikan tidak menarik. Barikut ini adalah salah satu Contoh Dakwah Jum'at yang cukup menarik untuk dibahas. Semoga contoh ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi untuk berkhotbah jumat.

Assalamualaikum wr.wb


إنَّ الحَمْدَ لله، نَحْمَدُه، ونستعينُه، ونستغفرُهُ، ونعوذُ بِاللهِ مِن شُرُورِ أنفُسِنَا، وَمِنْ سيئاتِ أعْمَالِنا، مَنْ يَهْدِه الله فَلا مُضِلَّ لَهُ، ومن يُضْلِلْ، فَلا هَادِي لَهُ.
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدًى
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Tak lupa segala puji kita haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah menurunkan agama Islam sebagai agama yang paling sempurna. Sholawat serta salam tak lupa juga kita haturkan ke junjungan nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke keadaan yang terang benderang dalam naungan agama Islam.

Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Dalam sebuah hadist nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “ sesungguhnya Allah SWT telah meridhloi untuk kalian 3 hal dan membenci dari kalian 3 hal yaitu Allah SWT meridhloi kalian agar selalu beribadah kepadaNya dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun, berpegang teguh dengan agama Allah SWT semuanya berastu dan tidak saling bercerai berai serta saling menasihatilah seseorang yang Allah telah jadikan sebagai penguasa bagi kalian. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan setiap apa yang dikatakan kepada kalian, seringkali banyak bertanya dan orang yang membuang- buang harta “

Dalam hadist tersebut telah jelas dikatakan bahwasanya Allah akan meridhai hambaNya untuk memiliki 3 sifat yang akan membawanya kepada kebahagiaan dunia dan akherat. Ketiga sifat yang harus dimiliki oleh setiap muslim tersebut yaitu agar kita senantiasa terus memperbaiki akidah dengan cara memurnikan ibadah hanya semata-mata untuk mencari ridha Allah dan tidak menyekutukanNya dengan alasan apapun. Hal ini sangatlah penting, karena akidah merupakan pondasi utama yang harus dimiliki oleh setiap muslim dalam menegakkan syariat Islam.

Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Hal kedua yang harus dimiliki oleh umat Islam yaitu agar kita umat Muslimin bersatu padu dan tidak bercerai berai atas nama agama dan diharuskan untuk menghindari perpecahan. Bukankah dalam sebuah hadist juga telah dikatakan “ bahwa setiap muslim itu adalah bersaudara”. hadist ini menjelaskan, bahwa setiap muslim haruslah bersatu jangan sampai berselisih apalagi yang diselisihkan adalah masalah aliran dan akidah. Tentu akan sangat ironis.Amalan yang ketiga yaitu kita sebagai umat Islam di anjurkan untuk menasihati seseorang yang telah dijadikan Allah sebagai pemimpin dan juga menaatinya.

Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Demikianlah sedikit khutbah yang dapat kami sajikan, semoga dapat memberikan sedikit pemahaman tentang tiga hal yang diridhai Allah SWT.

Billahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Tags :

Contoh Dakwah Jum'at