Contoh Dakwah Bahasa Indonesia

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Dakwah Bahasa Indonesia

Salah satu agama Islam dapat berkembang dengan baik di seluruh pelosok dunia tak akan pernah terlepas dari peran dakwah yang dilakukan oleh para pendakwah. Salah satu metode yang seringkali dilakukan oleh para pendakwah adalah dengan menggunakan dakwah bil lisan atau ceramah. Ketika berbicara ceramah, tentunya tak semua orang akan dengan mudah berbicara lancar di depan umum, terkadang juga muncul kejadian demam panggung, lupa teks dan lain sebagainya. Untuk itu disini kami mencoba turut membantu dengan memberikan Contoh Dakwah Bahasa Indonesia tentang keutamaan membaca bismillah.

Assalamualaikum warahmotullahi wabarokatuh

Jamaah muslimin wal muslimat rahimakumullah
Dalam setiap aktifitas keseharian tentunya kita akan melakukan berbagai aktifitas dan juga kegiatan yang dilakukan dimanapun dan kapan saja. Bagi orang Islam yang beriman tentunya setiap akan melakukan segala aktifitas apapun itu harus dilandasi sebagai perbuatan ibadah, yang dapat menebar kebajikan baik itu untuk dirinya, keluarga dan juga orang lain. Bahkan Rosulullah sendiri mengumpamakan jati diri umat Islam tersebut layaknya seperti seekor lebah. Segala makanan yang dimakan adalah sesuatu yang baik dan yang dikeluarkan pun juga merupakan kebaikan. Namun terkadang, sebagian dari kita seringkali lupa untuk memulai segala aktifitas dengan mengucapkan Basmalah. Padahal apa yang kita lakukan semuanya bergantung pada satu bacaan tersebut. Seperti pada sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda “ setiap pekerjaan yang baik, apabila tidak di mulai dengan bacaan Bismillah ( Dengan menyebut Asma Allah ) maka pekerjaan tersebut akan terputus dari keberkahan Allah SWT “

Jamaah muslimin wal muslimat rahimakumullah
Sebagian umat muslim masih banyak yang menganggap bahwa bacaan Bismillah merupakan bacaan yang masih di anggap sepele. Sebagian dari mereka belum mengetahui dengan betul tentang apa itu keistimewaan dari membaca Bismillah sehingga ia disyariatkan oleh Allah dan nabi Muhammad untuk menggunakan bacaan Basmallah dalam setiap memulai kegiatan apapun.

Menurut sebagian besar ulama salaf mengatakan bahwa bacaan Basmallah merupakan inti dari kandungan ajaran Islam yang sesungguhnya. Dalam bacaan Basmallah terdapat unsur keyakinan terhadap Allah. Dimana Allah adalah dzat yang memberikan kita segala bentuk kekuatan sehingga mampu membuat semua hambaNya dapat melakukan berbagai aktifitas yang di inginkan. Selain itu juga bacaan Bismillah ini juga merupakan bentuk pengakuan akan ketidakberdayaan seseorang dihadapan Allah. Terlebih lagi jika kita umat muslim membacanya dengan kalimat yang lengkap yaitu Bisillahirrohmannirrohim, maka tentunya kita juga sekaligus telah meyakini akan kebesaran dan kekuatan Allah yang telah memberikan beragam nikmat dan karunia kepada seluruh makhlukNya.

Jamaah muslimin wal muslimat rahimakumullah
Dalam sebuah juga dikisahkan tentang keutamaan dari membaca Basmallah. Dikisahkan dari Wahsyi bin Harb r.a mengatakan bahwasanya para sahabat dari Nabi Muhammad SAW telah berkata “ wahai Rosulullah, sesungguhnya kami ini semuanya telah makan dan kami belum dalam keadaan kenyang.” Selanjutnya Rosulullah bersabda “ barangkali kalian semua berpisah-pisah dalam maka itu “. Para sahabat menjawab” Ya”. Kemudian Rosulullah bersabda lagi “ maka dari itu, berkumpulah kalian semua kepada makananmu itu dan sebutlan nama Allah “Bismillah “ tentu akan diberkahi dalam makanan itu “(H.R Abu Daud ).

Dengan melihat kisah dan keutamaan membaca Basmalah tersebut, maka marilah kita sebagai umat yang beriman, mulai membudayakan untuk membaca Basmalah ketika akan melakukan aktifitas.

Wassalamualaikum wr.wb

Tags :

Contoh Dakwah Bahasa Indonesia