Dakwah Islam

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Dakwah Islam

Dakwah islam - Jika kita berbicara tentang perkembangan agama Islam dari awal Islam muncul hingga sekarang semuanya tak kan pernah terlepas dari yang namanya dakwah.

Pengertian dakwah Islam

Dakwah secara bahasa memiliki arti kata mengajak atau memanggil. Sedangkan dakwah secara bahasa memiliki pengertian ganda yang dapat didefinisikan sebagai suatu ajakan atau penyebaran agama Islam. Sedangkan istilah yang kedua adalah suatu pengajaran Islam untuk semua aspek kehidupan. Dua pengertian di atas memiliki dua unsur yaitu :

  • Unsur pengembangan Islam yang memiliki agama yang lain selain Islam agar dapat memeluk agama Islam
  • Unsur untuk merealisasikan ajaran agama Islam bagi yang sudah beragama Islam untuk mengamalkan ajaran agama Islam.
Tujuan dakwah Islam

Meskipun dakwah islam memiliki pengertian yang beragam menurut pemahamannya masing-masing namun secara umum semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyampaikan kebenaran haqiqi, membawa manusia dari dunia kegelapan dan juga sesat menuju ke tauhid yang membawa pada dunia yang lebih terang dan kebahagiaan haqiqi. Namun secara khusus, Dakwah Islam memiliki tujuan yaitu :
  1. Sebagai sarana agar ajaran Islam dapat secara sempurna di wujudkan oleh masyarakat yang bertaqwa secara kaffah
  2. Dapat mewujudkan masyarakat Muslim yang makmur, adil, damai dan juga sejahtera dalam lindungan dan rahmat allah SWT
  3. Dapat memperbaiki keadaan umat Islam yang menyimpang dan berada pada jalan yang sesat
  4. Untuk memelihara keberlangsungan dakwah dalam masyarakat yang telah berpegang teguh pada kebenaran, dengan melakukan pengajaran secara terus menerus.
Unsur dakwah Islam

Dalam praktik dakwah Islam tentunya tidak bisa terlepas dari unsur-unsur jika ingin kegiatan dakwah dapat berlangsung secara maksimal. Tentunya unsur-unsur ini saling berkelanjutan dan berhubungan yang tidak dapat dipisahkan.
  1. Da’i
    Da’i adalah seseorang yang berperan sebagai subjek dakwah dan ialah yang menyampaikan dakwah sehingga ia harus memiliki bekal yang mumpuni untuk seorang dai baik itu bekal pengetahuan maupun perilaku

  2. Mad’u
    Mad’u adalah manusia yang menjadi sasaran kegiatan dakwah, yaitu individu maupun juga kelompok. Entah itu yang telah memeluk agam Islam atau mereka yang belum memeluk agama Islam.

  3. Materi dakwah
    Materi dakwah yang digunakan dalam Dakwah Islam adalah al quran dan juga hadist yang meliputi keimanan, hukum, hubungan sosial, tingkah laku dan juga norma.

  4. Media dakwah
    Sedangkan untuk media dakwah yang digunakan dalam menyebarkan dakwah adalah dengan media lisan, media cetak, media elektronik dan juga bisa menggunakan media seni.

  5. Efek dakwah
    Efek dakwah yang harus di capai oleh seorang da’i dalam aktifitas dakwah adalah efek kognitif, efek afektif dan juga efek behaviorial.

Tags :

Dakwah Islam