Contoh Pidato Hari Angkatan Bersenjata 5 Oktober 2016

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Pidato Hari Angkatan Bersenjata 5 Oktober 2016

Sebagaimana sudah kita maklumi bersama bahwa pada tanggal 5 Oktober 1945, Badan Keamanan Rakyat (BKR) secara resmi disahkan sebagai Tentara Nasional Indonesia atau TNI yang terdiri dari Angakatan laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Laut. Untuk memperingati salah satu hari besar nasional tersebut, Contoh Pidato Hari Angkatan Bersenjata telah saya siapkan sebagai berikut:

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bapak-bapak, ibu-ibu serta para hadirin sekalian yang berbahagia!

Pada pagi yang cerah ini kita semuanya telah diberi nikmat dan karunia oleh Allah SWT. Sehingga pada pagi hari yang cerah ini pula kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Besar Nasional yaitu Hari Angkatan Bersenjata. Tepatnya pada tanggal 5 oktober seluruh bangsa Indonesia khususnya anggota ABRI telah memperingati hari lahirnya kekuatan ABRI sebagai tulang punggung negara Republik Indonesia. Peringatan Hari Angkatan Bersenjata ini tidak hanya diperingati oleh anggota ABRI beserta keluarganya saja, akan tetapi seluruh bangsa Indonesia juga harus ikut andil dalam Peringatan hari ABRI yang ke .......... tahun ...... ini. Karena ABRI itu adalah rakyat Indonesia yang lahirnya dari rakyat dan untuk rakyat.

Hadirin sekalian yang berbahagia!

Memang ABRI itu lahir dari kancah pergolakan/perjuangan rakyat dalam membela dan mempertahankan tanah air untuk merebut kemerdekaan. Dan memang ABRI itu lahirnya dari rakyat dan kembalinya untuk rakyat. Untuk itu ABRI siap membantu dan meringankan beban rakyat, karena keberadaanya ABRI itu menyatu dengan rakyat. Oleh karena itu janganlah kita takut dengan aparat negara tersebut, karena aparat pun tidak ingin untuk ditakuti rakyat. Karena memang tugasnya mereka adalah menjaga keamanan rakyat, menjaga ketentraman rakyat dan sekaligus menjadi pengayom rakyat. Atau dengan istilah sekarang, TNI sebagai stabilisator dan dinamisator perjuangan bangsa. Mengingat perannnya yang demikian itulah maka ABRI akan lebih baik banyak berbuat/berkarya untuk kepentingan rakyat.

Untuk itu, dalam memperingati Hari Angkatan Bersenjata tanggal 5 Oktober tahun ini. Perkenankanlah kami akan mengingatkan kembali DELAPAN WAJIB TNI, agar benar-benar citra ABRI ditengah-tengah masyarakat tetap dikenang sebagai pengayom rakyat.

DELAPAN WAJIB ABRI itu antara lain sebagai berikut:

  1. Bersikap ramah tamah terhadap rakyat
  2. Bersikap sopan santun terhadap rakyatnya
  3. Menjungjung tinggi kehormatan wanita
  4. Menjaga kehormatan diri di muka umum
  5. Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaanya
  6. Tidak sekali-kali merugikan rakyat
  7. Tidak sekali-kali menakut-nakuti dan menyakiti hati rakyat
  8. Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya
Dan selanjutnya pada kesempatan ini pula kami ingatkan kembali azas-azas kepemimpinan TNI, yang jumlahnya ada 11, yaitu:
    1. TAQWA
    2. ING NGARSO SUNG TULODO
    3. ING MADYO MANGUN KARSO
    4. TUT WURI HANDAYANI
    5. WASPADA PURBA WISESA
    6. AMBEG PARAMA ARTA
    7. PRASAJA
    8. SATYA
    9. GEMI NASTITI
    10. BELAKA
    11. LEGAWA
    Hadirin sekalian yang berbahagia!
    Dalam peringatan Hari Angkatan Bersenjata ini yang ke ......... tahun ini kami sampaikan dengan ucapan DIRGAHAYU INDONESIA, DIRGAHAYU HUT RI. Semoga Tuhan YME selalu memberikan kekuatan lahir dan batin kepada TNI kita khususnya dan kepada seluruh bangsa Indonesia pada umumnya, untuk bersama-sama berpartisipasi dalam membangun Negara dan Bangsa Indonesia yang berdasar kepada Pancasila dan UUD 1945. Semoga Alloh meridhoi perjuangan kita semua.. Amin

    Akhirul kalam wabillaahit taufiq walhidayat war ridloo wal inaayat. Wassalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuhu

    Itulah tadi Contoh Pidato Hari Angkatan Bersenjata 5 oktober. Semoga bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf apabila ada kesalahan tulis.