Contoh Dakwah Tentang Kebersihan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Dakwah Tentang Kebersihan

Contoh dakwah tentang kebersihan – Dakwah bagi umat Islam merupakan salah satu media yang sangat penting dalam perjalanan untuk menyebarkan segala ajaran islam. Salah satu metode yang sering digunakan untuk berdakwah adalah dengan ceramah. Berikut ini akan kami coba hadirkan contoh dakwah tentang kebersihan yang dapat kalian gunakan sebagai salah satu referensi.

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Syukur kepada Allah , serta sholawat untuk junjungan nabi besar Muhammad SAW dan doa untuk seluruh umat muslim yang ada di dunia agar selalu dalam limpahan rohmat Allah SWT tentu harus senantiasa kita haturkan.

Kaum muslimin yang selalu dalam lindungan dan limpahan rohmat Allah SWT
Bagi umat Islam masalah kebersihan merupakan salah satu masalah yang sangat urgen . Kebersihan merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi sebagai salah satu syarat dapat melakukan berbagai kegiatan ibadah. Dalam sebuah hadist juga telah dikatakan bahwa “ kebersihan merupakan salah satu bagian dari Iman “.

Bagi umat Islam kebersihan merupakan salah satu landasan pokok keimanan. Kebersiha dalam pembahasan yang luas bukan hanya sekedar wujud dari lingkungan yang terhindar dari sampah atau bermacam kotoran yang lain. Seorang Imam besar bahkan membagi kebersihan diri pribadi orang Islam itu terdiri dari empat tingkatan yaitu kebersihan jasmani dari segala bentuk kotoran baik itu berupa hadas ataupun juga najis. Tingkatan yang kedua adalah kebersihan panca indera dari segala bentuk pelanggaran dan juga dosa. Tingkatan yang ketiga adalah kebersihan hati atau qolbu dari segala bentuk akhlak yang tercela dan kebersihan yang terakhir adalah kebersihan rahasia batin atau sir dari selain Allah.

Namun selain kebersihan diri pribadi tersebut yang juga tak kalah penting, kita sebagai orang yang beriman adalah kebersihan lingkungan tempat manusia itu sendiri hidup. Kebersihan tersebut meliputi kebersihan air, kebersihan udara dan juga kebersihan alam sekitar. Sebagai seorang muslim tentunya kita paham betul bagaimana ajaran agama kita untuk selalu menjaga dan juga melindungi bumi ini. Bahkan dalam Hadist juga telah disebutkan bahwa hendaknya kita selalu mejga leingkungan dan tidak diperbolehkan untuk merusak alam.

Sebuah hadist yang menunjukkan bahwa agama kita begitu memperhatikan kebersihan lingkungan yaitu sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan juga Abu Daud. Dalam hasit tersebut mengisahkan, bahwa Rosulullah menyuruh kita untuk takut dengan dua hal yang dapat mendatangkan laknat yaitu orang yang buang hajat ditempat manusia berteduh.

Kaum Muslimin yang selalu senantiasa di rahmati Allah.
Kebersihan merupakan hal yang fitrah bagi seluruh umat manusia. Seluruh umat manusia yang memiliki akal yang sehat tentu membutuhkan lingkungan yang bersih. Bahkan seandainya manusia itu tidak mengetahui ajaran agama sekalipun maka ia juga senantiasa bersih. Bagi umat Islam kebersihan merupakan satu hal yang harus dipenuhi dan merupakan salah satu point penting untuk menjadi seorang hamba yang beriman secara utuh.
Melihat betapa pentingnya masalah kebersihan tersebut, maka mulai detik ini marilah kita selalu mengupayakan untuk selalu hidup bersih. Baik bersih untuk diri sendiri dalam arti yang lebih luas, serta senantiasa mengupayakan kebersihan untuk lingkungan di sekitar.

Demikian dakwah tentang kebersihan yang dapat kami sampaikan.

Billahi atufik wal hidayah.
Wassalamuailaikum warohmatullahi wabarokatuh

Semoga contoh dakwah tentang kebersihan tersebut diatas dapat dijadikan acuan dan memberikan ilmu yang lebih bermanfaat.

Tags :

Contoh Dakwah Tentang Kebersihan