Contoh dakwah bil hal

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh dakwah bil hal

Contoh dakwah bil hal – ada banyak sekali metode dakwah yang dapat dilakukan oleh umat Islam untuk menyebarkan ajaran kebaikan yang semuanya dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Salah satu jenis metoyde dakwah yang banyak digunakan dan juga populer di masyarakat kita adalah dengan metode dakwah bil hal. Dakwah Bil hal sendiri sebenarnya bukanlah metode dakwah yang muncul dari Timur Tengah namun istilah Bil Hal ternyata hanya Indonesia saja yang menerapkannya, akan tetapi memang kemudian mulai merembet ke negara Malaisya. Bahkan dakwah Bil Hal ini populer sejak tahun 1970an. Yang mana pada saat itu masih dalam situasi politik yang cukup panas. Dan diharapkan metode dakwah Bil hal mampu mengatasi situasi pada saat itu.

Dakwah merupakan sebuah usaha yang berupa perkataan dan juga perbuatan untuk mengajak manusia untuk dapat menerima agama Islam, mampu mengamalknya perintahNya dan juga mampu berpegang teguh terhadap semua prinsip agama Islam, meyakini aqidahNya dan juga berhukum sesuai dengan syariat Nya. Metode Dakwah Bil Hal sendiri merupakan salah satu metode dakwah yang dilakukan dengan cara melakukan tindakan yang nyata terhadap kebutuhan bagi para penerima dakwah. Sehingga tindakan atau perbuatan yang nyata yang dilakukan oleh pendakwah akan dapat diterima oleh penerima dakwah.

Agar lebih dapat memahami tentang dakwah Bil Hal, berikut ini akan kami berikan beberapa contoh dakwah bil hal yang telah banyak dilakukan oleh umat Islam.

  1. Contoh yang paling banyak adalah banyaknya dai yang langsung bergaul dengan para remaja. Seperti apa yang telah dilakukan oleh Maulana Malik Ibrahim. Dengan bergaul secara langsung terhadap masyarakat yang ada, akan lebih memudahkan dai untuk lebih mengenal karakteristik masyarakat terutama remaja yang akan di dakwahi.
  2. Contoh dakwah bil hal selanjutnya adalah banyaknya penyelenggaraan pendidikan yang diperuntukkan untuk masyarakat luas. Bisa dengan cara gamelan sekaten, dengan menggunakan wayang kulit seperti yang dilakukan oleh salah satu tokoh Wali Songo, mengajarkan berbagai macam permainan kepada anak muslim yang berisikan ajaran Islam, mengajarkan lagu-lagu bertema Islam dan masih banyak lagi kegiatan dakwah bil hal yang sering dilakukan.
  3. Dengan melakukan desentralisasi dakwah. Artinya dakwah tidak hanya dilakukan di kawasan lingkungan masjid saja, akan tetapi mulai terjun ke area bawah , contohnya tempat-tempat kumuh, rumah sakit, penjara, pusat perbelanjaan, pabrik-pabrik, pada kapal laut, kapal terbang, di bank, dan berbagai tempat yang lain.
  4. Dengan menyelenggarakan berbagai fasilitas kemanusian, dan juga pelayanan yang baik untuk masyarakat. Seperti mendirikan pos-pos bantuan, dan untuk yang memiliki uang berlebih dapat mendirikan rumah sakit, dan jenis pelayanan sosial lainya.
  5. Dan salah satu contohnya adalah gerakan Gullen yang ada di negara Turki. Gerakan Gullen ini lebih menitik beratkan pada gerakan sosial. Gerakan ini memiliki latar belakang adanya masalah bersama di mana banyak sekali para anak muda yang tidak mendapatkan ilmu agama yang cukup. Dan apapun yang dilakukan oleh gerakan ini harus dilandasi dengan kepentingan umat seperti meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan pelayan kesehatan, memperbanyak akses untuk pengetahuan agam dan ilmu pengetahuan umum dan masih banyak lagi lainnya.
Dengan beberapa contoh dakwah bil hal di atas , maka kita pun sebagai salah satu umat Islam yang selalu menginginkan kemajuan Islam hendaknya mulai melakukan tindakan nyata berupa berbuat kebaikan, minimal untuk diri sendiri dan keluarga.

Tags :