Contoh Ceramah Tentang Keutamaan Salam

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Ceramah Tentang Keutamaan Salam

Contoh Ceramah tentang Keutamaan Salam | Salam merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim apabila berjumpa dengan muslim lainnya. Nah disini saya akan berbagi contoh ceramah tentang keutamaan salam. Berikut con trks ceramah tersebut :

Assalamu’alikum Wr Wb

Yang saya hormati bapak/ibu hadirin sekalian
Dan yang saya sayangi anak-anak penerus bangsa sekalian

Alhamdulillah ucapan rasa syukur kita atas berkat limpahan karunia berupa kesehatan dan juga keselamatan sehingga kita bisa berkumpul ditempat yang kita cintai ini.

Selanjutnya ucapan shalawat yang tidak ada bosan-bosanya kita hadiahkan kepda roh junjungan alam, yakni nabi besar Muhammad SAW. Dengan banyaknya shalawat semoga kita akan mendapatkan safaatnya diyaumul akhir nanti.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT
Sebagai seorang umat Islam maka jika kita menyapa saudara muslim haruslah diawali dengan kalimat “Assalamu Alaikum”. Kalimat yang terlihat sederhana tersebut sepertinya tidak memiliki makna apa-apa, namun sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Salam didalam agama Islam mempunyai keutamaan yang sangat besar, dan termasuk sebagian dari beribadah kepada Allah SWT dan tentu saja mempunyai nilai dan juga pahala yang besar di sisi-Nya. Ucapan salam merupakan sebuah doa.

Sedangkan doa sendiri merupakan inti dari sebuah ibadah dan akan diberikan pahala bagi siapa yang mengucapkannya.

Hak orang muslim terhadap muslim lainnya ada 6, yaitu :

  1. Ucapkanlah salam ketika kamu bertemu dengannya
  2. Datanglah apabila dia mengundangmu
  3. Berilah nasihat jika dia meminta nasihat
  4. Do’akanlah dia, jika dia memuji Allah saat bersin
  5. Jenguklah jika dia sakit
  6. Antarkanlah jenazahnya jika dia meninggal

Salam merupakan sebuah hak seorang muslim yang berada di peringkat pertama terhadap orang muslim lainnya. Hal ini menunjukkan akan pentingnya mengucapkan salam dalam kehidupan orang muslim.

Nabi Muhammad SAW telah bersabda yang artinya : “Manusia yang terdekat dengan Allah SWT adalah mereka yang memulai memberikan salam.” (HR. Ahmad, Abu Daud)
Nabi SAW ditanya oleh sahaba, apakah amalan yang terbaik dalam Islam. Lalu Beliau bersabda yang artinya : “Memberi makan kepada yang sedang lapar dan memberi salam kepada orang yang kamu kenali dan juga yang tidak kamu kenali.” (HR Bukhari dan Muslim)

Manfaat dari salam :
Setiap perintah dan juga larangan dalam agama Islam tentunya akan membawa manfaat bagi umatnya. Namun diantara manfaat itu ada yang dijelaskan secara jelas ada juga yang tidak dijelaskan, kita sebagai umat-Nya hanya wajib percaya bahwa semua itu untuk kebaikan. Adapun manfaat memberi salam di antaranya :

  1. Doa
    Salam merupakan sebuah doa kepada Allah SWT, jadi apabila kita memberi salam ataupun salam kita dibalas oleh orang muslim yang lain itu artinya kita telah mendoakan dan juga telah didoakan. Bayangkan apabila kita memberi salam kepada para majelis ilmu dan mereka membalasnya, berapa doa yang kita dapatkan?

    Doa itu sendiri termasuk ke dalam ibadah dan ibadah esensi dari kehidupan. Dengan memberi dan menjawab salam, kita telah menjalankan esensi dari kehidupan.
  2. Memperbaiki hubungan
    Terkadang kita ada berselisih pendapat dengan orang muslim lainnya, pernah mengecewakan ataupun pernah dikecewakan hingga hubungan kita dengan saudara muslim lainnya menjadi kurang enak.

    Untuk memperbaiki hubungan tersebut, maka salam merupakan jembatan agar terbangunnya kembali komunikasi positif. Muslim yang memulai salam ialah muslim yang lebih baik, seperti hadist : "Tidak halal bagi seorang muslim apabila mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, keduanya bertemu namun yang satu berpaling dan yang lain juga berpaling. Dan yang paling baik di antara keduanya adalah yang mula-mula terlebih dahulu memberi salam". [HR. Bukhari, dalam Fathul Bari 11:21]

Masih banyak manfaat-manfaat lainnya dari mengucapkan salam, namun berhubung waktu yang singkat, maka saya akhiri sampai disini saja, mohon maaf atas segala hilaf dan salah wassalamu’alaikum Wr Wb.

Contoh Ceramah Tentang Keutamaan Salam