Contoh Ceramah tentang Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Ceramah tentang Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Contoh Ceramah tentang Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud | Shalat tahajud merupaka shalat yang dilakukan di malam hari. Shalat tahajud termasuk salah satu shalat yang di sunahkan oleh Rasulullah SAW. Baiklah berikut saya berikan conto ceramah tentang manfaat dan keutamaan shalat tahajud.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Yang pertama marilah kita bersama – sama senantiasa selalu bersyukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kita mampu berkumpul disekolah yang kita cintai ini.

Kemudian shalawat berangkaikan salam tidak bosan – bosanya kta hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi kita Muhammad SAW. Semoga dengan kita memperbanyak shalawat kita akan mendapatkan safaatnya diyoumul akhir kelak.

Shalat tahajud merupakan shalat malam, yang dikerjakan ketika kita talah terbangun dari tidur, atau dengan kata lain terbangun dimalam hari. Jadi, apabila kita hrndak mengerjakan sholat Tahajud ini, maka kita terlebih dahulu harus tidur. Shalat Tahajud adalah kebiasaan bagi orang – orang yang shaleh karena hatinya selalu berdampingan dengan Allah SWT.

Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur’an :

Yang maknanya :
Pada malam hari, hendaklah engkau melakukan shalat Tahajud yang berguna sebagai tambahan bagi engkau. semoga Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji. (QS : Al-Isro’ : 79)

Shalat Tahajud merupakan shalat yang diwajibkan kepada Nabi Muhammad SAW sebelum turunnya perintah shalat wajib yang lima waktu. kini shalat Tahajud merupakan salah satu shalat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Jadi bagi kita yang mungkin sering terbangun dimalam hari, maka mengerjakan shalat ahajud merupakan pilihan yang sangat tepat.

Ada sebuah kisah Sahabat Abdullah bin
Salam mengatakan, bahwasanya Nabi Muhammad SAW telah bersabda :
yang makanaya : Hai sekalian manusia, terus sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang dalam tidur, supaya nantinya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

Kembali Rasulullah SAW Bersabda :
“Seutama - utama shalat sunnat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di kerjakan diwaktu malam” ( HR. Muslim )

Berdasarkan keterangan yang sudah saya jelaskan diatas, saya berharap kita semua dapat melakukan shalat sunah yang satu ini, karena shalat ini merupakas salah satu shalat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Agar kita tidak bingung kapan sih kita bisa melksanakan shalat tahajud itu... berikut saya jelaskan :

Waktu – waktu yang dapat kita pilih untuk melaksanakan Sholat sunnah Tahajud :
sebenarnya waktu untuk melaksanakan shlalat tahajud itu dimulai dari ba’da isa hingga sebelum subuh. Akan tetapi ada waktu - waktu yang diutamakan, yaitu :

  1. Sangat utama : 1/3 dari malam pertama atau Ba’da Isya – 22.00
  2. Lebih utama : 1/3 dari malam kedua atau pukul 22.00 – 01.00
  3. Paling utama : 1/3 dari malam terakhir atau pukul 01.00 – Subuh
Akan tetapi menurut keterangan yang sahih, saat – saar dijabahnya do’a kita adalah 1/3 malam yang terakhir. Bertanyalah Abu Muslim kepada sahabat Abu Dzar : “ Diwaktu yang manakah yang lebih diutamakan untuk kita mengerjakan sholat malam?”
kemudian sahabat Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW yang engkau tanyakan kepadaku seperti sekarang ini. ” Rosulullah SAW bersabda :
yang maknanya : Perut malam yang yang tersisa adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sangat sedikit sekali orang - orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)

Rosulullah SAW Bersabdah :
Sesungguhnya pada saat waktu malam ada satu wktu. Seandainya seorang Muslim meminta sesuatu kebaikan untuk didunia maupun untuk diakhirat kepada Allah SWT, niscaya kelak Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku untuk setiap malam.” ( HR Muslim )

Jumlah Raka’at Shalat Tahajud :
Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 ( dua ) raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah. Cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana seperti yang diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dilaksanakan dua – dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

Setelah kita mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang berapa sih rakaat shalat tahajud itu :
Berdasarkan Kaifiat yang diterangkan oleh Sahabat Said Ibnu Yazid, bahwasannya Rasulullas SAW shalat malam dengan 13 raka’at:
  • 2 raka’at shalat Iftitah.
  • 8 raka’at shalat Tahajud.
  • 3 raka’at shalat witir.
Jadi berdasarkan keterangan diatas dapat kita pahami sendiri ssberapa bermanfaatnya shalat malam itu.
Mungkin demikianlah yang dapat saya sampaikan, maaf atas segala kekurangan. Wassalamu’alaikum Wr Wb

Contoh Ceramah tentang Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud