Contoh Ceramah Tentang Bersyukur Kepada Allah SWT

Contoh ceramah tentang Bersyukur kepada Allah SWT | Syukur merupakan salah satu perbuatan yang terpuji dan ini merupakan perbuatan yang wajib dilakukan oleh umat manusia. Karena syukur merupakan salah satu bentuk terima kasih atas berkat segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Untuk itu saya akan berbagi contoh ceramah tentang bersykur kepada Allah SWT. Semoga membantu, dan berikut adalah contohnya :

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang terhormat bapak / ibu hadirin yang dirahmati oleh Allah

Serta anak – anak generasi muda yang saya sayangi.

Pertama masilah kita senantiasa selalu bersyukur atas limpahan nikmat tak terhitung yang telah kita terima hingga saat ini. Jika satu nimat saja Allah cabut dari diri kita maka saya tidak yakin kita bisa berkumpul ditempat yang sama – sama kita cintai ini

Selanjutnya shalawat serta diiringi salam tidak bosan – bosannya kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi besar muhammad SAW. Semoga dengan kita perbanyak shalawat maka kita akan mendapatkan safaatnya diyaimul akhir nanti

Baiklah karena mengingat waktu yang tersedia tidaklah panjang, maka langsung saja saya masuki materi ceramah saya yang memiliki judul Bersyukur Kepada Allah SWT.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Bersyukur merupakan suatu perbuatan yang bermaksud berterima kasih atas limapanan nikmat yang telah Allah berikan. Maka jika kita diberi suatu nikmat, tidak memandang nikmat itu banyak atau sedikit. Karena orang yang bersyukur niscaya Allah akan menambah kenikmatan tersebut. Sesuai dengn firman Allah dalam (QS : Ibrahim :7) yang maknanya : Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambah nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Bersyukur itu dibagi atas tiga macam, yang diantaranya adalah bersyukur menggunakan lisan, badan dan hati. Cara kita kita bersyukur dengan menggunakan lisn adalah kita mengakui atas segala kenikmatan yang telah Allah SWT berikankepada kita, dengan sikap yang merendahkan diri. Sedangkan cara kita bersyukur dengan badan, yakni dengan cara Bersikap selalu sepakat serta melayani “mengabdi” kepada Allah SWT. Dan cara kita bersyukur dengan hati adalah Mengasingkan diri di hadapan Allah SWT. dengan cara konsisten tetap menjaga atas keagungan Allah SWT.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Tanda – tanda seseorang itu bersyukur dengan lisan yaitu lisannya selalu bersyukur apabila medapat nikmat dari Allah, misalnya dengan mengucap hamdalah. Sedangkan tanda – tanda orang yang syukur dengan badan adalah orang yang senantiasa beribadah, kenyataan ini dapat direalisasikan dengan bentuk perbuatan. Sedangkan bersyukur dengan hati adalah orang yang selalu menjaga harinya dan senantiasa bersyukur dengan melalui hatinya, yang tercermindari perbuatannya.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Apa bila kita bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, sesunguhnya itu demi kebakan kita sendiri, sesuai dengan firman Allah yang tertera dalam Alquran surat An-Naml ayat 40 yang artinya:

Barangsiapa yang bersyukur Maka Sesungguhnya Dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan Barangsiapa yang ingkar, Maka Sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Semoga kita termasuk hamba – hamba Nya yang senantiasa selalu bersyukur. Amin
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas kekurangan Wassalam Wr Wb