Contoh Ceramah Tentang Anjuran Bershalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Ceramah Tentang Anjuran Bershalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Contoh Ceramah tentang Anjuran Bershalawat Kepada Nabi Muhammad SAW | Bershalawat merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW. Apabila kita selalu bershalawat kepadanya maka insya Allah kelak nabi Muhammad SAW akan memberikan safaatnya di hari akhir nanti. Dan ingat kita sesama umat muslim harus saling mengingatkan termasuk juga dala hal bershalawat. Untuk itu saya akan berbagi artikel tentang contoh Anjuran Bershalawat Kepada Nabi Muhammad SAW yang mungkin anda sedang mencari sebuah referensi untuk menyampaikan sebuah ceramah yang membahas tentang bagaimana anjuran bagi seorang mmuslim untuk bershalawat.

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang saya hormati bapak kepala sekolah SMA N 1 Kuba beserta wakil
Yang saya hormati bapak dan juga ibu guru pembimbing serta yang saya sayangi teman – teman seperjuangan.

Pertama – tama dan yang paling utama marilah kita senantiasa selalu bersyukur atas kehadirat Allah SWT yang mana berkat rahmat kesehatan serta keselamatan yang diberikanNya lah kita mampu berkumpul dilapangan sekolah yang sama – sama kita cintai ini dalam rangka memperingat hari besar islam yakni hari isra’ dan mi’rajnya nabi besar Muhammad SAW. Coba kita bayangkan jika Allah mencabut saja salah satu nikmat yang diberiknnya kepada kita, maka belum tentu kita mampu sampai kesekolah yang indah ini.

Kemudian shalawat serta beragkaikan salam kita hadiahkan kepada rohjunjungan alam yakni nabi Muhammad SAW. Semoga dengan selalunya kita bershalawat maka kita akan mendapatkansafaatnya di hari akhir nanti..

Baiklah saya tidak akan memperpanjang mokudimah lagi, langsung saja judul pidato saya yaitu Anjuran Bershalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwasanya saya berdiri disini bukan untuk menggurui, akan tetapi saya hanya ingin mengingatkan kembali. Karena saya sadar bahwasanya ilmu dan pengetahuan yang saya miliki masih berada jauh dibawah bapak / ibu guru sekalian.

Bapak / ibu guru serta teman – teman yang dirahmati oleh Allah SWT

Seprti yang kita ketahui bersama bahwasanya di antara hak Nabi Muhammad SAW yang disyari’atkan oleh Allah SWT atas umatnya yaitu kita adalah agar kita senantiasa salalu bershalawat dan salam untuk beliau. Allah SWT dan juga para Malaikat-Nya telah bershalawat kepada beliau SAW, dan Allah SWT memerintahkan kepada para hamba-Nya agar salalu mengucapkan shalawat dan taslim kepada beliau.

Berikut firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

yang artinya : Sesungguhnya Allah dan juga para Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian kepada Nabi dan juga ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (QS. Al-Ahzaab: 56)

Diriwayatkan bahwasanya makna dari shalawat Allah kepada Nabi Muhammas SAW adalah bentuk pujian Allah atas beliau di hadapan para Malaikat-Nya, sedangkan shalawat para Malaikat berarti mendo’akan beliau, dan shalawat para ummatnya berarti permohonan ampun bagi beliau nabi Muhammad SAW.

Bapak / ibu guru serta teman – teman yang dirahmati oleh Allah SWT

Dalam ayat di atas, telah disebutkan oleh Allah SWT tentang kedudukan bagi hamba dan Rasul-Nya Muhammad SAW pada tempat yang tertinggi, bahwasanya Dia “Allah SAW” memujinya di hadapan para Malaikat yang terdekat, dan bahwa para Malaikat pun mendo’akan untuknya, lalu Allah memerintahkan shalwat dan juga salam bagi segenap penghuni alam, sehingga bersatulah pujian untuk nabi Muhammad di alam yang tertinggi dengan alam terendah (bumi).

Adapun makna dari kata Ucapkanlah salam untuknya adalah berilah nabi Muhammad SAW penghormatan dengan penghormatan Islam. Dan jika kita bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW hendaklah kita menghimpun dengan salam untuk beliau. Karena itu hendaknya kita tidak membatasi dengan salah satunya saja. Misalnya saja karena mungkin untuk mempersingkat waktu kita hanya mengucapkan Shallallaahu ‘alaih yang artinya semoga shalawat dilimpahkan kepadanya ataupun hanya dengan mengucapkan alaihis salaam semoga dilimpahkan keselamatan untuknya. Hal itu karena Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk mengucapkan keduanya.

Bapak / ibu guru serta teman – teman yang dirahmati oleh Allah SWT

Kemudian Ibnul Qayyim rahimahullah telah menyebutkan beberapa manfaat apabila kita mengucapkan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, dimana ada 40 manfaat yang disebutkan oleh beliau. Di antara manfaat itu adalah sebagai:

  1. Shalawat merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT.
  2. Bagi kita yang bershalawat kepada nabi Muhammad SAW, maka kita akan Mendapatkan 10 kali shalawat dari Allah SWT
  3. Kita akan mendapatkan safaatnya dari beliau SAW apabil kitamau bershalawat, dgn ketentuan ketika mengucapkan shalawat juga diiringi dengan permohonan kepada Allah SWT agar memberikan wasilah kepada beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam pada hari Kiamat.
  4. Shalawat merupakan salah satu sebab diampuninya dosa-dosa kita.
  5. Shalawat merupakan sebab Nabi Muhammad SAW menjawab orang - orang yang mengucapkan shalawat dan juga salam kepadanya.