Contoh Pidato Mengenai Ekstrakurikuler

Contoh Pidato Mengenai Ekstrakurikuler | Ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi atau bakat diri. Mungkin ada diantara anda yang ingin memberi saran kepada orang lain tentang Untuk, maka Kali ini saya akan berbagi tentang Contoh Pidato Mengenai ExtraKurikuler :
Assalamu’laikum…
Yang pertama marilah kita senantiasa selalu bersyukur atas berkat limpahan karunia yang telah kita terima sehingga kita bisa berkumpul di sini dengan keadaan sehat wal’afiat.
Setelah itu shalawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepangkuan nabi kita Muhammad SAW. Semoga dengan memperbanyak shalawat, kita akan mendapatkan safaatnya diyaumul akhir nanti.
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru selaku penguji untuk ujian praktek bahasa Indonesia, dan teman – teman sekalian yang berbahagia, ini saya akan membawakan pidato yang berjudul berprestasi dengan cara mengikuti Ekstrakurikuler di dalam lingkungan sekolah. Sebelum saya semakin jauh berpidato tentang Ekstrakurikuler, terlebih dahulu saya menjelaskan apa itu yang namanya ekstrakurikuler. Ekstrakulikuler atau yang populernya disebut dengan ekskul adalah suatu kegiatan pendidikan yang berada di luar mata pelajaran yang bertujuan untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan potensi, kebutuhan, bakat dan minat para anak didik melalui sebuah kegiatan secara khusus yang diselenggarakan oleh para institusi sekolah, para pendidik ataupun para tenaga kependidikan.
Dengan diadakannya sebuah kegiatan ekskul, maka secara tidak langsung hal itu bisa membawa nama baik sekolah apabila dalam kegiatan – kegiatan yang dilakukan tersebut membuahkan hasil yang baik dan optimal. Hasil optimal yang didapat dari ekskul tentu saja tidak lepas dari peran penting kepala sekolah dan kesiswaan serta juga dukungan pendanaan yang ada. Dengan adanya ekskul, Potensi siswa juga dapat dilihat dari keikutsertaan siswa tersebut dalam ekskul. Karena di dalam kegiatan ekskul inlah perkembangan dan peningkatan kegiatan ekstra bisa dilakukan.
Berikut ini merupakan beberapa alas an, mngapa betapa pentingnya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang diadakan di sekolah:
1. Kegiatan ekstra kurikuler yang dilakukan ini dapat mengembangkan bakat – bakat yang dimiliki oleh siswa dari sekolah tersebut. Contohnya saja, jika seorang siswa memiliki bakat dibidang musik dapat bergabung dalam kegiatan musik sekolah misalnya saja seperti band, atau marching band sekolah. Sebab tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberi tempat bagi siwa untuk mengembangkan bakat yang dimiliki olehnya. Sehingga bakat dan juga minat siswa dapat ditampung, dikembangkan dan dikoordinasi dengan baik dan tepat.
2. Kegiatan sekolah ekstra kurikuler ini juga dapat memperluas pergaulan siswa “remaja”. Misalnya saja siswa menekuni kegiatan ekstra basket, ketika ada sebuah pertandingan melawan tim basket sekolah lain. Maka hal tersebut adalah salah satu peluang siswa untuk mendapatkan teman – teman yang baru.
3. Kegiatan sekolah ini, juga efektif dalam usaha untuk mencegah kenakalan remaja. Karena remaja tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan hal – hal yang kurang bermanfaat. Selain dari pada itu, siswa juga menjadi memiliki lingkungan pergaulan yang sehat dan mendapat bimbimbingan serta pengawasan yang baik.
Saya juga menghimbau agar rekan – rekan seperjuangan sekalian, agar dapat setidaknya mengikuti satu kegiatan eskul, karena mengikuti eskul tak hanya dapat membuat diri kita mengembangkan diri, akan tetapi eskul juga dapat membuat diri kita berprestasi. Ikutilah bisikan hati saudara sendiri dalam mengikuti eskul karena hanya kita sendiri yang dapat mengetahui diri kita sendiri.
Demikinlah Pidato singkat saya mohon maaf apabila ada kesalahan, saya akhiri waassalam