Contoh Ceramah Tentang Hari Akhir | Hari Qiyamat

Contoh Ceramah Tentang Hari Akhir | Hari Qiyamat | Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang saya hormti bapak | ibu saudara yanga hadir pada hari ini.
Pertama – tama marilah kita mangucap puja dan puji serta syukur limpahan Allah SWT. Yang mana berkat rahmat dan juag limpahan hidayahnyalah kita bisa berkkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat walafiat. Tak lupa pula salawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepada roh junjungan alam, yaitu nabi besar kita nabi Muhammad SAW.
Kali ini saya akan membahas tentang Hari Akhir / Hari Qiyamah
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang hari akhir lebih baik kita ktahui dulu apa sebenarnya pengertian hari akhir.
Sekarang ini kita hidup dialam dunia yang bersifat sementara, karena nantinya akan ada alam yang abadi yang disebut alam pembalasan. Alam akhirat ialah kehidupan yang akan abadi setelah kehidupan didunia ini atau disebut juga alam baka, sebagai kelanjutan dari kehidupan di dunia yang fana ini. Di akhirat atau alam akhir itulah Allah SWT akan memberikan balasan pahala pada setiap orang – orang yang berbuat baik, dan balasan siksa pada setiap orang – orang yang berbuat jahat. Besar, kecil, berat dan ringannya pahala dan siksa yang akan diterima oleh seseorang itu sesuai dengan besar kecilnya amal kebaikan dan keburukan yang dilakukan Selma hidup didunia. Di alam inilah keadilan Allah SWT akan berlaku seadil-adilnya.
Setiap muslim wajib mengimani hari akhir, sebab dengan beriman kepada hari akhir setiap orang akan selalu berusaha untuk berbuat amal kebaikan sebanyak-banyaknya dan menjauhi segala perbuatan jahat, karena yakin bahwa segala amal perbuatanya didunia ini akan mendapat balasan dari Allah SWT seadil-adilnya.
Firman Allah SWT :
Artinya : “Orang-orang yang beriman kepada apa yang diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang diwahyukan kepada para Rasul sebelum kamu dan mereka yakin kepada hari akhir”. (Q.S. Al-Baqarah : 4)
Iman kepada hari akhir akan menjadi salah satu tenaga penbangkit dan pendorong seseorang kepada tha’at dan inadah yang diridoi oleh Allah SWT.
Firman Allah :
Artinya : “Bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan barat itu suatu kebaktian, akan tetapi sesungguhnya kebaktian ituadalah beriman kepada Allah dan hari akhir”. (Q.S. Al-Baqarah : 177)
Apakah akan terjdi yang namanya  hari akhir?
Firman Allah :
Artinya : “Sesingguhnya saat (Hari akhir) itu pasti datang, tidak diragukan lagi”.
Firman Allah :
Artinya : “Dan barang siapa yang kafir kepada Allah Swt, para MalaikatNya, Para KitabNya, Para RasulNya, dan hari kiamat, maka sesungguhnya orang – orang itu telah tersesat sejauh-jauhnya”. (Q.S. An-Nisa’ ayat 136)
Berdasrkan ayat-ayat disebutkan di atas jelas bahwa hari akhir atau hari Qiyamat itu pasti terjadi. Apabila seseorang tidak meyakin hal tersebut maka seseoarng itu termasuk kadalam orang – orang yang sesat.
Seorang muslim wajib beriman akan datangnya dan terjadinya hari akhir itu. Karena Allah sendiri yang telah memberitahukannya.
2. Tanda-tanda hari akhir
Tanda akan datangnya hari kiamat itu adalah sebagai berikut :
1. Diremehkannya ilmu agama. Dengan kata lain ilmu agama kurang diperhatikan walaupun oleh kaum muslimin sendiri.
2. Meratanya kebodohan dalam keagamaa, Dengan kata lain kaidah-kaidah dan hukum agama sudah tidak dimengerti dan tidak dipakai lagi.
3. Merajalelanya kemaksiatan. Misalnya seperti Perjudian, Perjinahan, minum – minuman keras dsb.
4. Terjadinya kejahatan dimana – mana di permukaan bumi. Misalmy sepertiPerampokan, Pembunuhan, Penganiayaan, Pemerkosaan, Penyalahgunaan Kekuasaan, serta Korupsi dll
5. Tidak sebandingnya antara jumlah laki – laki dan perempuan “Jumlah perempuan jauh lebih banyak dari pada laki – laki”
6. Banyaknya raja dan orang kaya yang berasal dari seorang pengembala.
7. Banyaknya orang yang mencari nama dengan cara bertelanjang didepan orang banyak.
Semua tanda yang sudah disebutkan diatas terdapat didua buah hadits riwayat Abu Hurairah dalam kitab karangan MOH. ABDAI RATHOMI yang berjudul “HADZA YAUMUDDIN”. Dan Masih banyak tanda-tanda lagi tentang datangnya hari kiamat.
Demikianlah artikel saya yang membahas tentang Contoh Ceramah Tentang Hari Akhir / Hari Qiyamat. Terima kasih semoga artikel tantang contoh cramah tentang hari kiamat ini akan berguna bagi anda. Wassalamu’alaikum Wr Wb.