Contoh Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Hari kebangkitan nasional itu diperingati oleh semua rakyat bangsa Indonesia setiap tanggal 20 Mei. Melalui pidato peringatan hari kebangkitan nasional ini, kita akan memahami bahwa pada tanggal tersebut bapak Dr. Wahidin Sudiro Husodo telah mendirikan suatu perkumpulan/organisasi yang bernamakan BUDI UTOMO. Dimana lewat/melalui perkumpulan /organisasi yang bernamakan BUDI UTOMO itu rakyat dan bangsa Indonesia khususnya para pemudanya telah mengadakan perlawanan terhadap kesewenang-wenangan penjajah di muka bumi nusantara Indonesia ini. Untuk lebih jelasnya marilah kita simak bersama contoh pidato bahasa indonesia Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, berikut dibawah ini;

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Silahkan pilih contoh mukodimah pidato yang anda sukai)

Bapak-bapak,ibu-ibu, serta para hadirin sekalian yang berbahagia,
Alhamdulillah wasyukurilah kita persembahkan kepada Allah SWT. karena dengan izin-Nya dan limpahan rahmat-Nya yang dianugrahkan kepada kita semua, sehingga pada hari yang penuh dengan suasana bahagia ini kita dapat bermusyawarah, bertatap muka dengan saudara-saudara kita disini tempat, dalam rangka memperingati hari nasional, hari yang bersejarah bagi segenap bangsa Indonesia, yaitu Hari Kebangkitan Nasional.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa BUDI UTOMO adalah merupakan sarana untuk membangkitkan semangat juang, semangat patriotisme terhadap tanah airnya yang sudah beratus-ratus tahun lamanya hidup dalam cengkaraman penjajah. Sebab cinta tanah air itu adalah merupakan sebagian daripada iman.

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Adapun yang melatar belakangi didirikannya BUDI UTOMO oleh bapak Dr. Wahidin Sudiro Husodo adalah sebagai berikut:

  • Terbengkalainya pendidikan dan pengajaran Rakyat Indonesia.
  • Kekejaman pemerintah kolonial terhadap Rakyat Indonesia yang sudah melampaui batas kemanusiaan
  • Kian hari sikap dan tingkah laku bangsa belanda sudah mulai angkuh.
  • Cina telah mendirikan perguruan bagi masyarakat mereka sendiri, yang bernama (Cung Hwa Hwee dan Cung Hwa Cung Hwe).
Hadirin sekalian yang berbahagia,
Sekarang bagaimana tindak lanjut kita sebagai bangsa Indonesia di dalam menerima warisan kebangkitan Nasional itu? yang setiap tanggal 20 Mei telah diperingati hari bersejarahnya. Adapun sebagai tindak lanjut dari kebangkitan Nasional yang merupakan warisan dari leluhur yang mendahului kita itu, adalah dengan cara mengisi pembangunan manusia seutuhnya untuk menuju pembangunan jangka panjang, meningkatkan sumber daya manusia, serta memperbanyak pemgabdian kepada negara dan bangsa, disamping kita meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. selaku penguasa dan penyetir jagat raya ini.

Demikian sambutan/pidato kami dalam menyambut Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 mei tahun .......... Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan tadi bermanfaat bagi kita semua bangsa Indonesia. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya.

Akhirul kalam wabillaahit taufiq walhidayat wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Contoh Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei