Contoh Pidato Tentang Zakat Fitrah

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Pidato Tentang Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah hal yang menjadi kewajiban bagi orang Islam untuk dikeluarkan, karena sebagai pembersih orang-orang yang sedang berpuasa, kecuali bagi orang fakir dan miskin. Dan zakat fitrah itu dikeluarkan sejak tanggal satu Ramadhan sampai malam hari raya atau sebelum Shalat Id. Nah, untuk selengkapnya! marilah kita simak bersama contoh pidato bahasa indonesia tentang Zakat Fitrah berikut ini:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Silahkan pilih contoh mukodimah pidato yang anda sukai)

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Syukur alhamdulilah kita panjatkan kepada Illahi Rabbi yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sekalian sehingga pada kesempatan yang baik ini kita masih aktif mengikuti kegiatan kultum tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw, karena dengan ajaran Islam kita bisa membedakan yang haq dan bathil berkat hidayah dari Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Nabi saw. bersabda:
Rasulullah saw. menjadikan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa (Ramadhan) dari perbuatan sia-sia dan keji. Dan merupakan makanan bagi orang miskin. Maka barangsiapa yang menunaikan sebelum shalat idul fitri, maka ia sebagai zakat yang diterima, dan barnagsiapa yang menunaikannya sesudah shalat Idul fitri, maka ia dianggap sebagai sedekah biasa. (HR. Abu Dawud Ibnu Majah)

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Begitu wajibnya zakat fitrah untuk dikeluarkan, kecuali orang kafir yang miskin. Dab bagi orang yang melakukan puasa Ramadhan maka puasanya akan bergantung antara langit dan bumi, yakni tidak akan dilangsungkan kehadirat Allah swt. sebelum mereka mau mengeluarkan zakat fitrah.

Nabi saw, bersabda:
Puasa bulan Ramadhan tergantung antara langit dan bumi, dan tidak akan dilangsungkan kehadirat Allah kecuali ia mengeluarkan zakat fitrahnya.

Demikian secara singkat yang bisa kami sampaikan melalui mimbar ini. Mudah-mudahan kita lebih mengerti tentang pengtingnya mengeluarkan zakat fitrah, sehingga orang-orang tidak enggan untuk mengeluarkan zakat fitrah tersebut.

Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Zakat Fitrah