Contoh Pidato Tentang Mengucapkan Salam

Sebagai umat Islam kita diharuskan untuk saling mengucapkan salam, ucapan tersebut ialah ucapan yang isinya do’a kebaikan untuk orang tersebut. Nah! untuk lebih jelasnya tentang kebaikan dari mengucapkan salam kepada sesama, marilah kita simak bersama “Contoh Pidato bahasa indonesia Tentang Mengucapkan Salam” berikut ini:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Silahkan pilih contoh mukodimah pidato yang anda sukai)

Yang saya hormati………, beserta………, dan hadirin yang berbahagia.
Untuk mengawali jumpa kita, marilah kita sejenak menyanjungkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt. atas limpahan rahmat-Nya, sehingga kita bisa mengikuti acara ini tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw, karena beliaulah sebagai suri tauladan dalam hidup ini, yang patut kita ikuti segera langkahnya. Mudah-mudahan kita termasuk umat Nabi Muhammad yang setia kepadanya.

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Semua orang tentunya mendambakan, bahwa di akhirat kelak bisa masuk surga. Karena surga merupakan kediaman yang penuh dengan berbagai kenikmatan yang abadi. Dan untuk mencapai ke surga tidaklah hanya ditempuh dengan seenaknya saja dalam hidup ini. Padahal hamba Allah yang bisa masuk surga, adalah hamba yang beriman dengan sesungguhnya. Dan untuk mencapai iman atau hamba itu disebut beriman, maka haruslah saling mencintai sesama saudara. Kemudian langkah apa yang perlu diterapkan agar orang itu bisa saling mencintai terhadap saudaranya? Langkah yang perlu kita terapkan dalam hidup agar benar-benar terjalin rasa cinta terhadap saudara ialah menyampaikan ucapan salam di antara kita.
Dalam hal ini Nabi saw. bersabda:

“Kamu tidak akan masuk Surga, sehingga kamu telah beriman, dan kamu tidak dianggap beriman, kecuali kamu saling mencintai. Maukah kamu saya tunjukan tentang sesuatu, yang apabila kamu kerjakan pasti kamu akan saling mencintai? Sampaikan salam diantara kamu.” (HR. Muslim)

Ucapan salam merupakan perbuatan terpuji yang patut kita sampaikan kepada siapa saja, baik yang anda kenal, maupun yang tidak kita kenal. Dan ucapan salam itu merupakan perbuatan yang paling baik dalam islam. Sehubungan dengan hal ini, maka Nabi saw. bersabda:

“Bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw. Perbuatan apakah yang paling baik dalam islam, Rasulullah menjawab: Memberikan makan kepada Fakir miskin, dan mengucapkan salam kepada siapa saja, baik yang engkau kenal maupun yang engkau tidak kenal”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Kemudian Rasululah pun bersabda:

“Wahai sekalian Manusia, sampaikan ucapan salam (kepada siapa saja orang Islam), dan hendaklah engkau suka memberikan makan, dan hendaknya suka menghubungkan kekeluargaan, dan salatlah di waktu malam di kala orang sedang nyenyak tidur, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Muslim)

Dan perlu juga kita mengetahui tentang cara mengucapkan salam, terhadap sesama muslim, baik yang kita kenal, atau yang kita tidak kenal. Dan tata caranya mengucapkan salam adalah sebagai berikut:

  • Hendaklah orang yang naik kendaraan memberikan salam kepada orang yang berjalan kaki.
  • Hendaklah orang yang berjalan kaki memberikan salam kepada orang yang duduk.
  • Hendaklah rombongan orang sedikit memberikan salam kepada rombongan orang yang banyak.
  • Dan orang yang muda usianya memberikan salam kepada orang yang lebih tua.

Itulah tata cara mengucapkan salam dalam syariat Islam. Demikianlah yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan membawa manfaat, kurang lebihnya kami mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.