Contoh Pidato Dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Pidato Dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat islam, sebab pada bulan tersebut umat islam di seluruh dunia merasakan kebahagian dalam arti yang seluas-luasnya. Pembahasan lebih jauh tentang Bulan Ramadhan akan kita bahas dalam Contoh Pidato Bulan Ramadhan yang secara lengkap akan di uraikan makna yang terkandung di bulan suci tersebut.

Assalamu'alaikum Wr.Wb

(Pilih Contoh Mukadimah yang anda sukai)

Hadirin sekalian yang berbahagia!
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah yang telah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya.

Hadirin yang berbahagia, semua uamt islam pada bulan Ramadhan diwajibkan melakukan puasa sebulan penuh, dikecualikan bagi wanita yang sedang haid, orang gila dan orang yang belum baligh, dan masih banyak contoh yang lain. Adapun mengenai tujuan dari puasa Ramadhan adalah agar menjadikan pribadi yang merasakan itu menjadi yang berbakti kepada Allah SWT. Untuk mengetahui lebih jelasnya akan diwajibkan berpuasa Ramadhan dan Tujuan dari berpuasa Ramadhan itu adalah marilah kita simak akan firman Allah pada Surat Al Baqarah, tepatnya ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا

كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS: Al-Baqarah Ayat: 183)

Para jama'ah yang berbahagia, disamping itu sangatlah penting kita ketahui akan hikmah puasa itu sendiri, yaitu sebagai berikut:
  1. Sebagai tanda terima kasih kepada Allah karena seluruh ibadah mengandung bukti syukur kepada Allah.
  2. Sebagai didikan terhadap kepercayaan
  3. Sebagai didikan terhadap kasih sayang kepada fakir miskin
  4. Sebagai penjaga kesehatan
Demikianlah hikmah puasa dan sebagai penutup dari uraian malam ini, marilah kita perhatikan hadist Qudsi, yang artinya:
"Puasa itu adalah semata-mata untuk-Ku (Allah) dan Akulah (Allah) yang akan memberikan padanya."

Akhirnya marilah kita memanjatkan do'a semoga kita diberi kekuatan yang menjalankannya hingga sebulan penuh. Semoga amalan yang telah kita kerjakan diterima oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin.

Contoh Pidato Dalam Menyambut Bulan Ramadhan