Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah

Dalam beberapa kegiatan atau acara seorang Kepala Sekolah perlu memberikan sambutan ataupun pembuka acara, Nah, berikut ini saya telah membuat contoh pidato sambutan kepala sekolah dalam acara sambutan ketua panitia latihan berpidato bahasa arab. Silahkan anda sesuaikan sendiri dengan tema acara atau kegiatan yang sedang anda perlukan. Bagi anda yang memerlukan contoh pidato pendidikan, silahkan anda kunjungi halaman daftar isi blog ini. Disana anda dapat menemukannya, langsung saja ini dia contoh pidato sambutan kepala sekolah:

Assalamu’alaikum Wr. Wb

(Pilihlah Muqoddimah pidato yang anda sukai)

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang mencipta manusia dan mengajari mereka berbahasa. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah, penghulu seluruh bangsa manusia dan mahaguru bagi semua makhluk. Beliau adalah Nabi pilihan yang memiliki lidah yang paling fasih. Semoga Allah merahmati seluruh keluarga dan sahabat-sahabat beliau, berikut orang-orang yang mengikuti sunnah beliau dan siapa saja yang menyerukan Islam hingga kiamat.

Dalam Kitab suci-Nya yang mulia, Allah swt berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Innaa anzalnaahu quraanan ‘arabii-yan la’allakum ta’qiluun”

Artinya:
“Sesungguhnya kami menurunkan Al-Qur’an berbahasa arab kepada Muhammad, agar kalian semua mau berfikir (QS. Yusuf:12)

Saudara-saudara sekalian!
Dalam kesempatan yang membahagiakan ini, saya sangat senang menyampaikan sepatah dua patah kepada kalian semua atas nama Kepala Sekolah ………….
Sehubungan dengan ini, patutlah kita mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia yang bertanggung jawab atas terselenggaranya acara yang sangat berharga ini. Semoga Allah membalas kalian semua dengan kebaikan yang banyak. Kemudian kami juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang mengikuti latihan berpidato ini. Perlu anda ketahui bahwa kegiatan ini termasuk kesempatan emas bagi kalian untuk pengembangan kemampuan. Karena itu, anda harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya dan jangan ragu.

Saudara sekalian!
Perlu kami tegaskan di sini bahwa tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk membantu kalian memahami bahasa arab, mendorong kalian supaya mencintai bahasa arab dan senang mempelajarinya sekaligus mempraktekannya dalam percakapan sehari-hari. Oleh sebab itu, manfaatkanlah kegiatan ini dengan baik dan kejarlah peluang emasnya. Kalian juga harus mempersiapkan pidato kalian dengan baik dan tentu jauh-jauh hari anda sudah mempersiapkan diri. Kalian juga harus bertekad menjadi orator ulung, yang menyuarakan kebenaran dengan lantang dan kalimat yang lugas. Memang harus kita akui bahwa pidato yang baik dan sampai pada sasaran tidak mungkin terjadi kecuali muncul dari iman yang dalam sehingga kata-katanya berpengaruh kepada hati para pendengar.

Saudara-saudara sekalian!
Ketahuilah, bahasa arab adalah bahasa Al-Qur’an yang mulia, juga bahasa hadits Rasulullah saw. Karena bahasa arab telah menjadi bahasa sumber agama Islam dan ilmu pengetahuan, maka bahasa arab bukan lagi menjadi bahasa bangsa arab semata, tetapi menjadi bahasa bagi seluruh umat islam. Apapun suku, bangsa, lingkungan dan warna kulitnya. Selama mereka muslim, maka bahasa Arab adalah bahasa mereka. Bahasa ini telah menjadi bahasa dunia semenjak awal kemunculan Islam hingga sekarang. Bahkan, bahasa Arab adalah satu-satunya bahasa dunia yang bertahan hingga sekarang. Karena itu, patutlah berbangga dan berbesar hati dengan bahasa Arab. Apalagi bahasa Arab juga menjadi bahasa Kitab Suci kita dan Sunnah Nabi kita yang mulia.

 Rasulullah saw bersabda:
“Cintailah arab karena tiga alasan: karena aku bangsa arab, Al-Qur’an berbahasa arab dan bahasa penghuni surga adalah bahasa arab”.

Amirul Mukminin Umar bin Khaththab ra juga pernah berwasiat tentang bahasa arab. Beliau berkata:
Giatlah kalian mempelajari bahasa arab karena ia merupakan bagian dari agama kalian“.

Akhirnya kami memohon kepada Allah swt agar menjadikan acara ini acara yang penuh barakah dan menganugerahi kita taufiq dan keikhlasan. Semoga pula kita diberi ketepatan ucapan dan tindakan. Amin
Akhirul salam, IHDINASH SHIROOTHOL MUSTAQIM, WABILLAAHIT TAUFIQ WALHIDAYAT WASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU.